Payeer

Trik Sederhana Edit Foto Di Photoshop


Design

Berikut tiga trik sederhana di photoshop :

1. Mengganti Foto Berwarna Menjadi Hitam-Putih atau Klasik

Ada kalanya seseorang ingin mengubah foto berwarnanya menjadi foto hitam-putih sehingga terkesan klasik atau berkelas. Sebenarnya, untuk hal ini tak perlu susah-susah. Anda cukup membuka foto yang hendak diubah. Kemudian, pilih kolom Image > Adjustment >> Desaturare. Dalam sekejap, foto tersebut akan berubah menjadi hitam-putih.

Ada kalanya, foto yang sudah berubah ini kurang berkenan. Misalnya, karena faktor pencahayaannya yang kurang sempurna. Tidak perlu berkecil hati. Cobalah pilih kolom image > Adjustment > Brightness/Contrast. Sesuaikan hingga yakin, bahwa foto hitam-putih anda sudah sempurna.

Mungkin juga anda tidak ingin mengubah foto berwarna menjadi hitam putih, melainkan warna lain. Semisal, foto klasik dengan cirinya yang kecoklatan bagaikan usang. Caranya pun sepele. Anda tinggal memilih gambar yang hendak diubah. Kemudian, pilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Agak diremehkan tapi penting, ingatlah anda mesti mencentang pilihan Colorize yang letaknya di bawah pilihan Save.

Kemudian aturlah hingga Saturationnya 25, sedangkan Huenya 30. Lihatlah, foto anda sudah tampak kecoklatan, bukan? Untuk menambah kesan sebagai foto klasik yang sesungguhnya, Anda bisa memilih menu Filter > Noise > Add Noise. Dengan beragam titik yang muncul, yang bisa anda atur, kesan klasik itu akan semakin nyata.

2. Mengganti Latar/Background

Ada saatnya pula seseorang ingin mengutak-atik fotonya agar lebih unik lagi. Semisal kita yang sudah berpose ala Batmen, ingin mengganti background dengan pemandangan di Jepang, atau mengubah latar berupa gedung-gedung menjulang tinggi. Bukan masalah serius. Anda cukup menggabungkan foto pose yang dipilih, dengan foto yang akan dijadikan latar baru.

Langkah pertama, buatlah file baru dengan membuka File > New. Anda bisa menentukan berapa ukuran file baru yang akan digunakan. Biasanya, ukuran akan disesuaikan dengan ukuran foto background yang dipilih. Atau, jika tidak memakai cara ini, copy foto background tersebut, kemudian bukalah File > New. Dengan cara ini, anda tidak perlu menyesuaikan ukuran file baru tersebut karena secara otomatis ukuran file baru mengikuti ukuran foto background pilihan.

Langkah kedua, paste (tekan Ctrl+V atau pilih Edit > (Paste) foto background tersebut ke file baru. Foto ini akan bernama Layer 1. Langkah berikutnya, paste pula foto pose anda tersebut ke file baru, dan akan bernama Layer 2. Perhatikan letak Layer 2 ini yang harus berada di atas Layer 1 yang fungsinya sebagai background. Tentunya, ketika foto pose anda dipaste ke file baru tadi, ukurannya tidak benar-benar sesuai dengan Layer 1 (foto background). Aturlah foto pose itu sedemikian rupa dengan foto backgroundnya. Caranya dengan mengklik kanan dan pilih Free Transform. Tarik hingga benar-benar pas (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) dengan background.

Langkah berikutnya, gunakan Lasso Tool (Polygonal Lasso Tool atau Magnetic Lasso Tool) untuk memastikan yang tersisa dari Layer 2 hanyalah pose anda, bukan background awalnya. Untuk hal ini, perlu ketelitian karena seringkali, akibat terburu-buru, penyeleksian gambar tidak sempurna.

Langkah terakhir, adalah menyamakan pencahayaan dan warna antara Layer 1 dan Layer 2. Dengan demikian, hasil editing Photoshop tadi menimbulkan kesan seakan-akan 'nyata'.

3. Menggunakan Actions

Nah, jika kita sering berseluncur di dunia maya, tentu tak heran dengan foto-foto berefek sedemikian rupa. Kadang, muncul keinginan kita untuk membuat foto menjadi secanggih foto-foto tersebut. Namun, apa daya. Kemampuan dalam mengedit terbatas. Kita juga bukan orang yang bisa berlama-lama di depan komputer untuk mendesain foto hingga benar-benar menarik.

Sebenarnya, hal ini bukan masalah. Dalam Adobe Photoshop ada yang disebut actions. Secara singkat, actions ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pengguna photoshop ketika ia mengerjakan sebuah foto hingga mencapai titik editing tertentu. Misalnya, mengubah foto menjadi 'Retro-Vintage' atau sejenisnya. Nah, actions ini 'direkam' atau disimpan dalam bentuk file dengan format (*.ATN).

File-file dengan format (*.ATN) ini tersebar di dunia maya. Ya, kita beruntung banyak orang atau desainer yang sudah berlelah-lelah mengedit foto, menyuguhkan hasil kerja mereka untuk publik. Anda bisa mencarinya sesuka anda. Tinggal menelusuri internet, anda bisa memilih. Ingin mencari actions satu demi satu atau, mencari paket komplet. Semisal, mengunduh 50 atau 100 actions photoshop dalam satu kesempatan sekaligus (dalam bentuk .rar atau .zip). Setelah mengunduh, simpanlah di folder tersendiri. Anda bisa meletakkan folder ini di sembarang tempat, asal mampu mengingat-ingatnya. Nah, lalu apa fungsi file-file actions berformat .ATN ini? Ibaratnya, ini adalah langkah yang bisa digunakan mereka yang ingin mengedit sebuah foto dengan Photoshop, tapi tidak memiliki skill, waktu, atau kendala terbatas. Caranya pun sangat-sangat mudah.

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah membuka foto yang hendak diedit. Kemudian, pilih kolom Window dan pastikan anda mencentang pilihan Actions, Window > Actions. Ketika anda melakukan hal demikian, akan muncul Tab Actions di layar.

Langkah berikutnya, klik bagian ujung yang berupa tiga garis horizontal. Akan muncul banyak pilihan. Anda cukup memilih Load Actions. Maka, anda akan diminta untuk membuka file .ACT tadi. Carilah file tersebut, dan klik saja. Dalam sekejap file tersebut sudah masuk ke dalam kolom Actions.

Langkah terakhir, adalah memilih tombol Play untuk 'membuat keajaiban'. Ya, dengan menekan tombol itu, dalam sekejap foto anda akan berubah sesuai dengan Actions yang dipilih. Kadang, dalam satu file Actions terdapat 50 Actions (50 tindakan). Anda tinggal memilih salah satu atau beberapa di antaranya dengan mengeklik tombol Play pula. Nah, di sinilah letak insting dilatih. Menggunakan actions memang mudah, karena dengan bermodal browsing di internet, kita sudah mampu membuat foto berubah layaknya seorang editor foto profesional. Namun, tentunya anda juga harus mau bekerja keras untuk menelusuri internet agar benar-benar mendapatkan actions yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.


Sejatinya, tidak ada yang lebih baik jika ingin jago mengedit foto, kecuali dengan banyak berlatih dan berlatih lagi. Karena, kadang kala pengalaman dengan 'menemukan sendiri' gaya kita, lebih mudah tertanam dalam ingatan, daripada mengikuti apa yang sudah ditunjukkan orang lain.

Selamat mencoba!

loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Trik Sederhana Edit Foto Di Photoshop"

Post a Comment