Payeer

Cek Efisiensi Baterai Di Laptop Melalui Command Prompt

Untuk mengetahui penyebab borosnya penggunaan baterai, anda bisa melakukan diagnosa secara menyeluruh beserta solusinya.

CMD


Cukup dengan menggunakan perintah melalui command prompt dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk Command Prompt

Untuk Windows XP/Vista/7 : 
Masuk ke Command Prompt, klik Start>All Programs>Accessories>Command Prompt, klik kanan dan pilih Run As Administrator.

Untuk Windows 8/8.1 : 
Tekan tombol Windows+X, pilih Command Prompt (Admin).

2. Ketik Perintah

Ketik perintah powercfg energy, tekan Enter. Nantinya Windows akan memberikan laporan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penggunaan daya beserta penjelasannya. Proses ini memakan waktu sekitar 60 detik.

3. Lakukan Diagnosa

Hasil diagnosa akan menampilkan jumlah errors, warning, dan informational. Bagian errors merupakan hal yang mendapat perhatian penting dimana informasi ini bisa dijadikan acuan sebagai penyebab borosnya penggunaan daya. Informasi warnings merupakan saran yang bisa kamu lakukan guna mengoptimalkan kinerja baterai. Sedangkan informational merupakan keterangan tambahan mengenai hardware maupun software yang terpasang pada sistem. Untuk melihat laporan secara mendetail kamu bisa melihat file energy-report berupa file html yang terletak di folder tersebut.

Berdasarkan informasi yang didapat tadi anda jadi bisa mengetahui penyebab borosnya penggunaan baterai serta solusi yang bisa anda jalankan guna menghemat penggunaan baterai. Dengan memperbaiki permasalahan-permasalahan tadi anda bisa menghemat penggunaan baterai laptop hingga 20% atau lebih dibanding penggunaan sebelumnya.


loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Cek Efisiensi Baterai Di Laptop Melalui Command Prompt"

Post a Comment