Payeer

Belajar Jaringan Komputer Bagian 4 (Dasar)

Diposting ini kita akan mencoba memahami tentang IP (Internet Protokol)

Seperti yang saya jelaskan di Belajar Jaringan Komputer Bagian 3 (Dasar), setiap host itu jelas memerlukan adanya alamat agar dapat melakukan aktifitas dalam jaringan. Baik dalam mengirim ataupun menerima. IP disetting pada NIC (Network Interface Card), kalau kita biasa liat itu LAN Card.

Yang perlu kita ketahui tentang IP adalah kelas IP, biar gampang pahamnya kita liat gambar dibawah.

Jarkom

Dari gambar diatas kita dapat mengetahui nilai dari tiap2 kelas IP itu sendiri, jadi kita sekarang bisa jawab IP di komputer kita itu IP kelas apa, jawabnya kelas C, karena IP kelas C D E itu adalah IP yang kita gunakan pada Jaringan Local, dan IP kelas A dan B itu diperjual belikan alias gak gratis. 

Kelas IP diatas adalah perhitungan untuk IPv4, kita bisa melihat contohnya pada settingan LAN Card kita. IP kelas A dan B sekarang sudah habis dipakai, sehingga sekarang dibuat IPv6 nanti kalau sempat saya buat postnya tentang IP versi 6 ini , sementara kita belajar yang versi 4 aja dulu.

Sekarang kita coba memahami Subnet Mask , ini fungsinya untuk membedakan Network pada jaringan. Logika gampangnya gini, kita dalam kelurahan ada beberapa jalan, misalnya ada jalan anggur, jalan nanas, jalan jeruk dan sebagainya. Jalan ini bisa kita analogikan sebagai tugas subnet mask, yaitu untuk membedakan jaringan yang akan dipakai.

Contoh dari subnet mask : 255.255.255.0  ( subnetmask default kelas C )


loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Belajar Jaringan Komputer Bagian 4 (Dasar)"

Post a Comment