Payeer

Belajar Jaringan Komputer Bagian 8 (Dasar)

Dari Belajar Jaringan Komputer Bagian 7 (Dasar) yang membahas tentang router sekarang kita akan mengetahui tentang hub dan switch. Sebenarnya fungsinya hampir mirip yaitu menjadi perantara pada suatu jaringan.

Hub 

Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star.

Cara Kerja : Ketika sebuah paket tiba disalah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan untuk kerja jaringan akan lambat. Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port.

Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun jika beberapa PC beroperasi atau digunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurukan kinerja jaringan.

Switch

Sekilas mirip dengan hub tapi switch memiliki beberapa keunggulan dibanding hub.

Cara kerja : Ada dua arsitektur dasar yang digunakan yaitu : cut-through dan store and forward. Switch cut trough memiliki kelebihan disisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya. Sedangkan switch store and forward merupakan kebalikan dari switch cut-trough. Swtich ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ketujuan dan untuk memeriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan. 

Switch dengan spesifikasi 10/100Mbps akan mengalokasikan 10/100Mbps penuh untuk setiap portnya. Jadi berapapun jumlah komputer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki bandwidth penuh.


loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Belajar Jaringan Komputer Bagian 8 (Dasar)"

Post a Comment