Payeer

Belajar Jaringan Komputer Bagian 6 (Dasar)

Berlanjut dari artikel sebelumnya pada Belajar Jaringan Komputer Bagian 5 (Dasar), sekarang kita akan membahas NAT (Network Adress Tranlastion)

NAT berfungsi untuk mengatur private adress mengakses internet dengan public address. Kita dapat liat contohnya pada warnet, kantor, dan berbagai instansi yang memakai jaringan untuk mengakses internet. Kalau yang familiar sama speedy, kita kadang mengetahui IP local kita berbeda dengan IP public kita, khususnya pengguna yang memakai speedy dinamic.

Keuntungannya NAT itu public addressnya di sharing, asal dapat akses dari admin jaringan kita bisa memakai semua, keamanannya pun cukup bagus, LAN nya bisa di perbesar skalanya, kontrol nya ada di local router.

Kerugiannya, softwarenya terbatas, rawan kena remote orang, kecepatan internet jadi lambat karena kita share.

Jarkom






















Liat kan yang di kotak buram itu , itu NAT nya ...

Kalau kita bisa analisa kotak yang berwarna buram itu mempunyai IP kelas C seperti yang kemarin kita bahas dipostingan sebelumnya, padahal IP publicnya adalah 209.165.202.130 tetapi semua yang ada di dua komputer di bawah itu nantinya bisa konek ke internet.



loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Belajar Jaringan Komputer Bagian 6 (Dasar)"

Post a Comment