Payeer

Belajar Jaringan Komputer Bagian 3 (Dasar)

Setelah cukup memahami Belajar Jaringan Komputer Bagian 2 (Dasar), sekarang kita akan membahas standarisasi protokol, karena tiap vendor pada awalnya memiliki standart sendiri dalam memakai protokol untuk jaringan,

Logikanya...apabila tidak dibuat standar Internasional tentang protokol ini, maka akan ada banyak masalah ketika kita ingin mengakses sebuah informasi data dari sumber yang berbeda vendor. 

IEEE membuat standarnya

IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) adalah suatu organisasi profesional yang memiliki aktivitas utama berupa membangun standar komunikasi dan jaringan (maksudnya setelah melalui proses yang panjang sekali, kalau saya buat disini nanti kepanjangan), diharuskan adanya identifikasi pada sebuah devices yaitu Physical address atau MAC address dan Logical address atau biasa kita sebut IP.

IP kepanjangan dari Internet Protokol

Ada beberapa kelas dalam IP, kalau saya tidak salah ingat ada lima kelas (A,B,C,D,E). Kelas2 dalam IP itu digunakan tergantung fungsinya , nanti kita akan membahas lebih lanjut tentang kelas IP,

MAC address artinya Media Access Control Address kalo di komputer kita bisa cek di cmd, lalu kita ketikan ipconfig /all. (cara buka cmd , pencet tombol windows + R terus tulis cmd). Cara gampang mengingatnya anggap saja MAC address itu seperti nama orang , kalau Logical address itu seperti alamat orang.



loading...

Ingin mendapatkan artikel dari Serba Serbi Informasi tanpa membuka blog ini? Silahkan masukkan e-mail anda di kolom ini, artikel yang di post Serba Serbi Informasi akan otomatis terkirim ke e-mail anda:

0 Response to "Belajar Jaringan Komputer Bagian 3 (Dasar)"

Post a Comment